Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Liswantari Liswantari

Abstract


Abstrak
Model PBM merupakan model pembelajaran dengan menghadapkan siswa pada permasalahan praktis sebagai pijakan dalam belajar atau dalam kata lain siswa belajar menyelesaikan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah model PBMdapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.1 SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasi Masalah (PBM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII semester ganjil yang berjumlah 32 siswa. Penelitian Tindakan ini dilakukan secara kolaboratif oleh Guru dan Dosen. Pelaksanaan direncanakan tiga siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 3 x 45 menit dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika meningkat disetiap siklus, yaitu; siklus pertama 34,375%, siklus kedua 71,875%siklus ketiga 90,62. Dari data tersebut menunjukan ketercapaian pembelajaran, dan minimal 75% dari jumlah siswa mencapai KKM. Dapat pula disimpilkan bahwa model PBM dapat meningkatkan hasil belajar matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v5i2.1866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat