Systematic Literature Review: Desain Bahan Ajar Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Anggi Selviyani, Rani Refianti, Lucy Asri Purwasi

Abstract


Abstrak
Pendekatan dengan cara pembelajaran memiliki konteks nyata didunia disebut Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Diteliti karena memiliki tujuan untuk mengkaji literatur yang terkait dalam mendesain bahan ajar arimatika sosial dengan pendekatan PMRI. Systematic Literature Review adalah metode yang digunakan untuk penelitian ini. Pengumpulan data dalam kurun waktu 2018 - 2023 dengan mereview artikel sebanyak 33 dari Google Schoolar, SINTA, dan Garuda. Menurut hasil kajian dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berorientasi kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari berhubungan secara rata terhadap pengalaman belajar siswa. Berperan dengan melakukan pembelajaran PMRI dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang arimatika sosial, kemampuan spasial matematis, motivasi belajar, dan kemampuan pemecahan masalah. Secara keseluruhan artikel bahan ajar menunjukkan perkembangan dengan pendekatan PMRI oleh beberapa penelitian dari jurnal tersebut sangat layak dan telah diuji kepraktisan, keefektifan serta memilik efek potensial untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Keywords: Desain Bahan Ajar, Aritmatika Sosial, PMRI, Systematic Literature Review

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v10i1.2239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat