PENGARUH SELEBRITI ENDORSER TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRODUK LIPSTIK WARDAH STUDI KASUS PADA ( MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU)

Santi Ellisa Sari, Juliono Juliono, Dhel Juni Pasya

Abstract


Ekuitas merek merupakan seperangkat aset dan kepercayaan merek yang terkait dengan merek tertentu, nama atau simbol yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa baik bagi pemasar atau perusahaan maupun pelanggan. Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang melakukan pembelian lipstik wardah yang diduga karena pengaruh selebriti endorser dan ekuitas merek. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Selebriti Endorser Terhadap Ekuitas Merek Pada Produk Lipstik Wardah Di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung Tahun 2019. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Selebriti Endorser Terhadap Ekuitas Merek Pada Produk Lipstik Wardah Di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung Tahun 2019.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Tahun 2019 yang berjumlah 190 mahasiswi dengan mengambil sampel 123 mahasiswi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan uji hipotesis menggunakan uji-t
Berdasarkan analisis data didapat hasil bahwa ada pengaruh selebriti endorser terhadap ekuitas merek pada produk lipstik wardah di kalangan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung Tahun 2019, dibuktikan nilaithitung selebriti endorser 7,696 >ttabel 1,979. Nilai Adjusted R Squarese sebesar 32,9 % sehingga dapat disimpulkan bahwa loyalitas konsumen mampu dijelaskan sebesar 32,9% oleh variabel selebriti endorser terhadap ekuitas merek dan sisanya 67,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.

Keywords


Selebriti endorser, ekuitas merek.

Full Text:

PDF

References


David, Aaker. (2015). Aaker On Branding: 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Eko, Islahuddin. (2015). Peran celebrity endorser dalam membentuk perceive value dan purchasinh intention.

Finna, Sugiono. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi KasusIklan Produk Perawatan Kecantikan Pond’s).

Komang, (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Valentine. et. al (2014). Analisis pengaruh brand image dan celebrity endorsment terhadap keputusan pembelian produk shampo head and shoulders di 24

Wiratna Sujarweni. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v11i01.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.