HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN STIKes MUHAMMADIYAH PRINGSEWU TAHUN 2011
Abstract
Tenaga kesehatan yang berkualitas adalah tenaga kesehatan yang mempunyai kemampuan soft skills dan hard skills yang seimbang, dimana kemampuan hard skills dapat dilihat dari prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan crossectional, tehnik sampling menggunakan total populasi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, Uji hipotesis menggunakan Chi square. Hasil penelitian univariat menunjukkan mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi 61,9 %, motivasi belajar rendah 38,1%, dan dari hasil penelitian bivariat didapatkan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar (p=0,00 ) OR 19.375. Saran pada penelitian ini yaitu hendaknya orang tua dapat selalu membantu memberikan motivasi dan pengawasan pada anaknya dalam hal pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nurita, Menjamurnya Institusi Kesehatan di eraglobalisasi,12 Februari 2011
Dalyono,Psikologi Pendidikan,Rineka Cipta,Jakarta, 2005
Notoatmodjo,Soekijo,Metodologi Penelitian Kesehatan ( Edisi Revisi ), Renika Cipta, Jakarata, 2005
Daryanto, Belajar dan Mengajar, Yarma Widya, Bandung, 2010.
Kartono, Peranan keluarga dalam memandu anak, Rajawali, Jakarta, 2001
Hikmawati,Fenti, Bimbingan Konseling,Raja Grafindo Persada, Jakarta,2010
DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v3i5.1039
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.