PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN BERDASARKAN STRESS

Asri Rahmawati

Abstract


Tenaga kesehatan yang berkualitas adalah tenaga kesehatan yang mempunyai kemampuan sof skill dan hard skill yang seimbang, dimana kemampuan hard skill dapat dilihat dari prestasi belajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kejadian stresss dengan prestasi belajar. jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan crossectional, teknik sampling menggunakan kuesioner, uji hipotesis menggunakan chi swuare. hasil penelitian univariat menunjukkan mahasiswa yang mempunyai beban pikiran (stress) 64,3 %, tidak mempunyai beban pikiran (tidak stress) 35,7% daan dari hasil penelitian bivariat didapatkan adanya hubungan antara kejadian stress dengan prestasi belajar (p=0,00) OR 16.436. saran pada penelitian ini yaitu pada mahsaiswa untuk selalu mengurangi beban pikiran dengan berusahan selalu beradaptasi pada lingkungan dan materi - meteri baru.

Keywords


kejadian stress, prestasi, belajar

Full Text:

PDF

References


Nurita, menjamurnya institusi kesehatan di era globalisasi, 12 februari 2011

Dalyono, Psikologi pendidikan Rineka Cipta, Jakarta: 2005

Notoadmodjo, Soekijo, Metodologi Penelitian Kesehatan (edisi Revisi), Renika Cipta, bandung 2005

Daryantono, Belajar dan Mengajar, Yarma widya, bandung 2010

Himawati, Fenti. Bimbignan Konseling. Raja Grafind Persada, Jakarta. 2010




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v2i3.1024

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats