KORELASI STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Analia Kunang

Abstract


Abstrak : Korelasi Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Malnutrisi mempengaruhi pertumbuhan fisik, perkembangan kognitif, dan kapasitas kerja fisik dan akibatnya mempengaruhi hasil akademis yang buruk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai Hubungan antara Status Gizi dan Prestasi Pendidikan di sekolah dasar. Studi cross-sectional dilakukan pada 54 siswa di SDN 1 Tanjung Kemala. Status gizi ditentukan berdasarkan berat badan untuk tinggi badan, tinggi untuk usia dan Timbang untuk usia. Prestasi akademik dicatat dari hasil akhir ujian sekolah mereka. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi Spearman dan uji Chi-Square. Kesimpulannya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara status gizi (Tinggi / usia) dengan prestasi akademik (Ï value <0,05) Tetapi menunjukkan hubungan yang signifikan (berat / Umur dan Berat Badan) dengan prestasi akademik (Ï value <0,05) dengan kekuatan korelasi lemah positif.

 


Keywords


Prestasi akademik, Anak, Status gizi

Full Text:

PDF

References


Ghosh S, Rakshit S, Bhattacharya M. 2013. Academic Performance and Nutritional Status – A Case Study on College Students in North Tripura. IOSR Journal of Research & Method in Education. Vol.1. No.4. P 57-68.

Herlina. 2015. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Siswa Sekolah Dasar Negeri 081234 Kota Sibolga Tahun 2014. Wahana Inovasi. Vol 4. No.1. Hal 64-71

Hioui M, Ahami AOT, Aboussaleh Y, Rusinek S. 2016. The Relationship between Nutritional Status and Educational Achievements in the Rural School Children of Morocco. Journal of Neurology and Neurological Disorders. Vol.3. No.1. hal 1-4.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.

Naelga Sc. 2016. Nutritional Status: Its Relationship To The Academic Performance In English And Mathematics Of Grade 2 Pupils In Bulua Central School. The Turkish Online Journal Of Design, Art And Communication. November 2016 special editio. Hal 2537-2544

Naik S. 2013. Intelligence And Nutritional Status Of Lambani School Children. Department Of Human Development And Family Studies. University Of Agricultural Sciences. Dharwad.

Sa’adah RH, Herman RB, Sastri S. 2014. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa SekolahDasar Negeri 01

Guguk Malintang Kota Padangpanjang. Jurnal Kesehatan Andalas. 2014; 3(3) hal 460-465

Sarma MS, Wijesinghe DG, Sivananthawerl T. The Effects of Nutritional Status on Educational Performance of Primary School Children in the Plantation Sector in Nuwara EliyaEducational

Zone. Tropical Agricultural Research Vol. 24 (3): 203 – 214.

Sinurat RS, Sembirin T, Azlin E, Faranita T, pratita W. 2018. Correlation of nutritional status with academic achievementin adolescents. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science Vol.125;2018 hal 1-7.

Soetjiningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak. EGC

Wahyuningsih E. 2014. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Kelas V Sdn 01 Kadilanggon Wedi Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan, Vol. 4, No. 8, Juni 2014, Hal 47-59




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v6i1.1146

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats