ANALISIS KINERJA KARYAWAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT

Arifin Arifin, Afrita Diah Puspa Arum

Abstract


Kinerja adalah suatu hasil yang dicapai oleh karyawan dalam mengerjakan tugas atau pekerjaannya secara efisien dan efektif. Pelayanan administrasi adalah pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Masalah dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan kantor desa yang belum optimal dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Desa Totokarto, Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui kinerja karyawan kantor desa yang belum optimal dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Desa Totokarto. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrument penelitian berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kinerja karyawan pada kantor desa Totokarto masih kurang optimal dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat.

Keywords


Kinerja, Karyawan, Pelayanan, Administrsi

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung

Anwar Prabu Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Edison Emron, Yohny Anwar dan Imas Komariah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Edy, Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Irham Fahmi. 2014. Manajemen Kepemimpinan: Teori & Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2016. Manajemen Pelayanan. Yogyakarata: Pusataka Pelajar.

Widjaja, T. A. 2016. Pengaruh Word Of Mouth Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention: Sebuah Studi Kasus Mengenai Perilaku Konsumen Terhadap Jasa Ojek Online Gojek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 53, No. 12.

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robbins, Stephen P and Judge, Timothy A. 2014. Organizational Behavior . Edition 15. New Jersey: Pearson Education Limited.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulistyo, Basuki, 2009. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Widodo. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Yunus, Hadi Sabari, 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v13i2.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.