OPTIMALISASI LAYANAN KASIR UNTUK MEMINIMALISIR BIAYA

Aulia Nurlaili Kusuma Wardani, Sapto Yuwono, Dhel Juni Pasha, Juliono Juliono

Abstract


Sistem pelayanan khususnya yang berkaitan dengan pelayanan pelanggan, suatu institusi dihadapkan pada permasalahan bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pada suatu sistem pelayanan, umumnya terdapat antrian pelanggan yang meminta untuk dilayani. Dalam teori penelitian operasi, terdapat salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah antrian, yaitu model antrian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jawaban permasalahan antrian supermarket Chandra di Pringsewu yaitu PSFJ. Dalam konteks itu pula, permasalahan yang selalu muncul adalah apakah fasilitas tersebut mencukupi secara ekonomi, jika tidak ada sistem improcement maka biayanya akan lebih rendah atau tidak.

Keywords


Optimalisasi layanan; antrian; minimalisir biaya

Full Text:

Untitled

References


Aminudin, 2005, Prinsip-Prinsip Riset Operasi, Erlangga, Jakarta.

Heizer, J. Render B. 2001. Operation Management. Sixt Edition. Prenticre Hall Inc. New

Jerse. USA.

Hillier & Lieberman. 2008. Operation Research Eighth Edition. Andi Offset. Yogjakarta.

Siswanto. 2009. Operationbs Research. Erlangga. Jakarta.

Taha, Hamdy A. 2006. Riset Operasi Suatu Pengantar. Bina Rupa Aksara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v15i01.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.