PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

Suwandi Suwandi, Anggalia Wibasuri, Betty Magdalena

Abstract


Kepuasan kerja merupakan persepsi para karyawan tentang seberapa jauh pekerjaan seseorang memberikan segala sesuatu yang dipandang penting melalui hasil kerjanya. Kepuasan kerja juga merupakan salah satu alasan meningkatnya komitmen organisasional. Kepuasan kerja juga dipengaruhi oleh lingkungan fisik perusahaan. Masalah dalam penelitian ini adalah penurunan kepuasan kerja yang di duga karena kurangnya komitmen organisasi atau keterikatan karyawan pada perusahaan dengan lingkungan kerja fisik yang diduga menjadi faktor penyebabnya melemahnya kepuasan kerja karyawan di PT Jaya Berkat Usaha Farmasi Tanjung Karang Bandar Lampung. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode sintesa dan menggunakan uji statistik untuk validitas dan reliabilitas instrumen, uji prasyarat analisis, regreais linear berganda, uji t dn uji F. Dari hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda diketahui bahwa kepuasan kerja dipengaruhi oleh Komitmen Organisasi, dan Lingkungan kerja fisik serta mempunyai tingkat hubungan yang tinggi. Sedangkan hasil uji menggunakan Uji t menunjukan bahwa ada pengaruh antara komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan, dan ada pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap Kepuasan kerja (Y) Paada hasil uji F didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Komitmen Organisasi (X1), dan Lingkungan kerja fisik (X2) terhadap Kepuasan kerja (Y). Karyawan PT Jaya Berkat Usaha Farmasi Tanjung Karang Bandar Lampung.

Keywords


Komitmen organisasi, lingkungan kerja fisik, kepuasan kerja

Full Text:

PDF

References


Astuti, Rini dan Iverizkinawati. (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Sarana Agro Nusantara Medan. Jurnal Ilman, Vol. 6, No. 1, pp. 26-41, Februari 2018, , dengan judul.

Basriani, Agustin. (2016). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Dosen (Studi Pada Yayasan Pendidikan Persada Bunda Pekanbaru). Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Sekretari dan Manajemen Volume 5 No. 1 Maret 2021.

Eliyana, Anis dan Syamsul Ma’arif, Muzakk. (2019). Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Berpengaruh dalam Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan

European Research on Management and Business Economics 25 (2019), Anis Eliyana∗,SyamsulMa’arif,Muzakki, dengan judul “Job satisfaction and organizational commitment effect in the transformational leadership towards employee performance”

Gerry Suryosukmono. (2020). Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Dan Komitmen organisasi Sebagai Motivator Kinerja Pegawai Negeri Sipil Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen Volume 15. No.1,April 2020.

Hayati, Rini Rahmah. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Jurnal ekonologi, Volume 3 Nomor 2 Oktober 2016.

Hidayat, Firman, Maman Suryaman dan Risma Fitriani , Billy Nugraha. (2021). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja di UKM Nahla Toys Cikampek. Jurnal Sekretari dan Manajemen Volume 5 No. 1 Maret 2021.

Nirmalasari, Leli. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Kautsar Utama Bandung. SMART–Study & Management Research| Vol XI, No. 1 -2014.

Potu, Aurelia. (2013). Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo dan Maluku Utara Di Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013.

Pratama, Bagas and Zunaidah, Zunaidah and Hadjri, M. Ichsan. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Pengolahan Ptpn Vii UPKS Sungai Niru. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

Rumbang, Ernest dan Moko, Wahdiyat. (2019) Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada PT Bukalapak.com). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Susiawan, Susilo dan Abdul Muhid Persona. (2015). Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Jurnal Psikologi Indonesia, September 2015, Vol. 4, No. 03, hal 304 – 313,

Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Ke-22 Bandung: Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit. Alfabeta. Bandung.

Shalahuddin, Ahmad. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Karyawan PT. Sumber Djantin Di Kalimantan Barat Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 6. No. 1, April 2013,

Sujarweni, Wiratna. (2014). Metode Penelitian Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tamali, Hendro dan Adi Munasip. (2019). Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol , No. 1, Maret 2019, 55-68.

Wahyudi, Kemal dan Ruslan, Muhlis. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai melalui Kepuasan Kerja pada Kantor Pemerintah Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Journal of Business and Management, 3(2), Juni 2021, Halaman: 81-88. Program Pascasarjana Universitas Bosowa.

Winarto, Jon Henri Purba. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Karyawanrumah Sakit Swasta Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi Volume 4 Nomor 2, 2018.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v13i1.1731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.