PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Muhamad Surya Abadi

Abstract


Kepuasan pelanggan merupakan aspek utama yang harus dipenuhi oleh perusahaan, dengan terciptanya kepuasan pelanggan maka permintaan juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Ayam Geprek Mantul di Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dengan jumlah responden 100 orang. Uji statistik menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 0,867 + 0,398X1 + 0,519X2 + e. Harga berkontribusi 38,9% terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas layanan berkontribusi 51,9% terhadap kepuasan pelanggan. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik Fhitung> F tabel atau Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik Fhitung> F tabel atau (163,410 > 3,09), hal ini juga diperkuat dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini juga diperkuat dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.

Keywords


Harga, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Khairani, R., Siregar, C. A., & Karolina, I. I. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Matahari Putera Prima Hypermarket . Jurnal Manajemen Volume 5 No 2.

Kotler, P., & & Keller , K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume 7 No 2.

Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pt Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal Emba Vol.6 No 4, 3068-3077.

Premayani, W. W., & Mahayoga, A. D. (2019). Pengaruh Kewajaran Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Wina Rumah Kebaya. Jurnal Widya Manajemen Vol. 1 No. 2.

Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen dan Strategi Aplikasi Bisnis Vol 3 No 1.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen "Best Autoworks''. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis , 755-764.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, T. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Umar, B., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, Volume 22 Nomor 1.

Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Indeks.

Yola, M., & Budianto, M. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Pada Supermarket. ISSN 2088-4248.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v13i1.1730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.