ENGLISH LANGUAGE LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOLS USING DIGITAL LEARNING MEDIA TO SUPPORT THE IMPLEMENTATION OF THE CURRICULUM MERDEKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.
Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.
Arianti, B. D. D., Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., & Suryansah, S. (2021). Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Golden Age, 5(2), 425–434.
Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan mutu pendidikan melalui penerapan total quality management dalam program akreditasi sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 69–78.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Longman.
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548–562.
Imaniah, I., & Nargis, N. (2017). Teaching English for young learners. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2).
Jazuly, A. (2016). Peran bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(01), 33–40.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23–28.
Maili, S. N., & Hestiningsih, W. (2017). Masalah-masalah pembelajaran Bahasa Inggris pada Sekolah dasar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(1).
Melfianora, M. (2019). Analisis Kebutuhan Pelatihan Medik Veteriner Provinsi Riau. Jurnal Kewidyaiswaraan, 4(2), 209–215.
Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Novitasari, D. R. (2012). Pembangunan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas 1 Pada Sekolah Dasar Negeri 15 Sragen. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 2(1).
Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran di jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
Oktavia, D., Habibah, N., Balti, L., & Kurniawan, R. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar: Need Ansalisis Study. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 257–265.
Oktavia, D., Mukminin, A., Marzulina, L., Harto, K., Erlina, D., & Holandyah, M. (2022). Challenges and strategies used by English teachers in teaching English language skills to young learners. Theory and Practice in Language Studies, 12(2), 382–387.
Pakpahan, E. M. (2024). EXPLORING PRE-SERVICE TEACHERS’PERSPECTIVES ON THE USE OF DIGITAL LEARNING MEDIA. Jurnal Smart, 10(1), 96–104.
Pendidikan, K., Kebudayaan, R., & Indonesia, T. P. R. (2022). Kebijakan Pemerintah Terkait Kurikulum Merdeka. Dari: Https://Pusatinformasi. Guru. Kemdikbud. Go. Id/Hc/En-Us/Articles/6824815789465-Kebijakan-Pemerintah-Terkait-Kurikulum-Merdeka#:~: Text= Permendikbudristek% 20No, 2056.
Permana, P. T. H., & Putri, N. L. P. N. S. (2020). Artificial Intelligence dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 687–692.
Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual Terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 10(2), 167–178.
Suhardiana, I. P. A. (2019). Peran teknologi dalam mendukung pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92–102.
Suhendar, B., & Syakir, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Smartphone Untuk Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar, Klender Jakarta Timur. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(3), 242–245.
Wahyudi, A. E., Sunarni, S., & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190.
Waziana, W., Andewi, W., & Suningsih, S. (2022). ANALYSIS OF THE ROLE OF EDUCATION PERSONNEL IN SCHOOL ADMINISTRATION. JLCEdu (Journal of Learning and Character Education), 2(2), 43–54.
Wote, A. Y. V., & Sabarua, J. O. (2020). Analisis kesiapan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.52657/js.v10i2.2303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.